Memberikan Informasi Dengan Detil
Dinas Lingkungan Hidup
Balitbang

Honda Setop Produksi dan Penjualan Jazz di Indonesia

102
Dinas Lingkungan Hidup

JAKARTA, (detilnews.com) – Honda Prospect Motor (HPM) menyatakan secara resmi hatchback Jazz telah berhenti diproduksi di Indonesia. Posisi Jazz kini digantikan City Hatchback dengan status produksi lokal yang diluncurkan hari ini, (3/3).
“Saat ini kami sudah tidak produksi lagi Jazz di Indonesia,” kata Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy saat peluncuran City Hatchback secara virtual.

Yusak menilai karakter City Hatchback dapat memenuhi keinginan pasar Indonesia di segmen hatchback, terutama untuk konsumen yang sebelumnya menyukai Jazz, karena dikatakan lebih value for money.

Generasi Baru Jazz Bukan Pilihan

Billy mengatakan pihaknya telah mempertimbangkan secara matang keputusan mengganti Jazz dengan City Hatchback. Bagi perusahaan, City Hatchback dikatakan jawaban tepat sebagai pengganti Jazz ketimbang generasi barunya yang sudah diluncurkan di Jepang pada 2019.

Kata Billy generasi baru Jazz tak sesuai dengan pasar Indonesia karena dari sisi desain terlalu klimis. Sementara pasar hatchback di Indonesia membutuhkan hatchback berdesain sporty.

Bukti hal itu pernah diutarakan Billy pada tahun lalu. Katanya saat itu 97 persen penjualan Jazz di Indonesia adalah varian sporty RS.

Mengikuti peta konsumen seperti itu, HPM meluncurkan City Hatchback di dalam negeri hanya satu varian, yaitu RS.

“Kami sudah studi lama sejak 2019 terkait hal ini,” ucap Billy.

Billy menambahkan sejalan dengan keputusan tersebut, stok Jazz saat ini sudah menipis. Honda terakhir kali menyuplai stok mobil tersebut ke jaringan penjualan pada Februari 2021.

Sementara menurut data Gaikindo, HPM masih memproduksi Jazz pada Desember namun tidak tercatat lagi pada Januari 2021.

“Jadi sekarang kami sudah tak produksi lagi ya, dan terakhir bulan lalu kami pengiriman ke market. Ya kalau stok ada 300 unit mungkin di dealer kami,” ungkapnya.

Jazz pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2003, saat itu pasokan unitnya masih diimpor utuh dari Thailand. Baru pada 2014 Jazz diproduksi lokal di Pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat.

Menurut sejarah globalnya, Jazz sudah melintasi empat generasi, termasuk model terbaru yang meluncur pertama kali di Jepang pada 2019.(red/cnn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com