Memberikan Informasi Dengan Detil
Dinas Lingkungan Hidup
Balitbang

Jajaran Polres Aceh Timur Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

43
Dinas Lingkungan Hidup

ACEH, (detilnews.com) – Jajaran Polres Aceh Timur pada Senin (22/03/2021), menjalani vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di Aula Bhara Daksa.Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro S.I.K.,M.H mengatakan, pihaknya telah menerima 550 vial vaksin. Vaksin tersebut diperuntukan bagi seluruh anggota polres dan polsek. “Kami mendapatkan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur sebanyak 550 vaksin,” ungkap Kapolres Aceh Timur.

Menurut Kapolres, program vaksinasi ini merupakan bagian dari memutus mata rantai Covid-19, terutama Bhabinkamtibmas, mereka yang berada di garis terdepan dan bersentuhan lansung dengan masyarakat dalam menekan penyebaran Covid-19.

Sebagai Tim Vaksinator dipimpin dokter mitra Urkes Polres Aceh Timur, dr. Zulfahmi dengan anggota Paurkes Bagsumda Polres Aceh Timur Bripka Rafi, A.M.K, 5 (lima) tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur dan satu anggota Baurkes Bagsumda Polres Aceh Timur.

“Untuk Tim Vaksinator yang bertugas ada 8 (delapan) orang, 1 (satu) orang bertindak selaku vaksinator, 2 (dua), orang bagian pendaftaran, 2 (dua) orang admin Screening, 1 (satu) orang pemantauan (observasi) dan 2 (dua) orang pengamanan limbah dan kesehatan lingkungan,” sebut Kapolres.

Dalam proses vaksinasi, setiap personel Polres Aceh Timur melawati empat tahap yang sudah dibagi menjadi empat meja.

Tahapan pertama, personel yang akan disuntik vaksin harus lolos verifikasi pendaftaran melalui aplikasi “Peduli Lindungi”. Kemudian ke pos dua untuk Screening. Di pos ini calon penerima vaksin akan diperiksa secara detail termasuk ada tidaknya penyakit penyerta.

Pos dua ini akan diberikan pertanyaan sebanyak 16 item termasuk ada tidaknya penyakit bawaan. Jika ada satu saja item yang tidak sesuai syarat, maka dia tidak boleh menerima vaksin. Jika lolos di pos dua, maka tahapan berikutnya adalah pemberian vaksin Covid-19 yang berada di pos tiga.

Usai disuntik, penerima vaksin akan menjalani masa observasi selama 30 menit di pos empat. Observasi ini untuk melihat gejala klinis yang muncul setelah pemberian vaksin.

Selama masa observasi ini, akan dipantau gejala klinis yang muncul pasca pemberian vaksin. Jika timbul efek samping dari vaksin berupa gejala klinis akan dilakukan penanganan lebih lanjut.

Untuk hari ini vaksinasi diperuntukan bagi Pejabat Utama Polres Aceh Timur, para Kapolsek dan Bhabinkamtibmas. Vaksinasi akan dilanjutkan kembali Selasa esok, sehingga seluruh personel polres dan polsek benar benar mendapatkan vaksin.

Meski telah mendapatkan vaksin, Kapolres Aceh Timur menekankan pada seluruh personel untuk tetap senantiasa mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Pungkas Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.I.K.,M.H.(red/hms)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com