Memberikan Informasi Dengan Detil
Dinas Lingkungan Hidup
Balitbang

Jemaah Masjid Baiturrahim Sembelih 13 Ekor Hewan Qurban

150
Dinas Lingkungan Hidup

Rokan Hulu (detilnews.com) – Ratusan masyarakat memadati areal Masjid Baiturrahim Jalan Rambutan, Dusun Pasir Putih Barat Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah, Jumat (31/7/2020) pagi hingga sore hari, saat penyembelihan hewan kurban bertepatan Idul Adha 1441 Hijriyah.

Tahun ini berdasarkan informasi Ketua Umum Masjid Baiturrahim Hafiz Tambusai, jemaah masjid Baiturrahim menyembelih 13 hewan kurban, terdiri dari 11 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Seluruhnya iuran jemaah yang dipungut setiap bulan selama setahun.

“Ada penurunan jumlah hewan kurban ditahun lalu 12 ekor sapi dan 2 ekor kambing, tahun ini 11 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Namun di hari raya kurban dimasa pademi COVID 19 tahun ini tidak mengurangi makna arti berkurban,” sebut Hafiz.

Bahkan kata Hafiz menambahkan, sudah menjadi tradisi bagi umat muslim khususnya jemaah masjid Baiturrahim di seputaran Dusun Pasir Putih Barat, bergotong royong melaksanakanpenyembelihan hewan kurban, membersihkan daging, membagi daging yang dilakukan kaum lelaki dewasa dan remaja.

“Kaum perempuan juga tanpa diperintah mereka menyiapkan masakan, baik nasi, sayur, kue dan minuman yang memang dipersiapkan untuk makan bagi kaum pria yang terlibat menyembelih hewan kurban. Disinilah kebersamaan seluruh masyarakat bersatu padu ikut memeriahkan Idul Adha setiap tahunnya,” kata Hafiz lagi.

Ke 13 ekor sapi kurban disembelih keseluruhannya hari itu juga, lalu pads sore hari daging yang sudah dibagi dan dikemas di kantong kresek dibagikan ke seluruh masyarakat di kawasan Dusun Putih Putih Barat.[Hsb]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com