Memberikan Informasi Dengan Detil
Dinas Lingkungan Hidup
Balitbang

Pencemaran Sungai Kuamang Diduga Akibat pembuangan Limbah Sawit Perusahaan

126
Dinas Lingkungan Hidup

Bangkinang (detilnew.com) – Warga Dusun Pulau Luas, Desa Kemang Indah, Kecamatan Tambang mengeluh, Sungai Kuamang yang dijadikan tempat mandi dan mencuci tercemar.Sungai Kuamang tercemar, kami jadi susah mandi dan mencuci, kata salah seorang ibu rumah tangga di Dusun Pulau Luas yang yang ingin namanya dipublikasikan, Jum’at (15/1/2021).Jika sungai ini tercemar, kami menjadi sangat repot, karena satu-satunya tempat mandi dan mencuci, cetus ibu rumah tangga lainnya.

Sekretaris Desa Kemang Indah Ibnu Hajar di WhatsApp grup, Senin (11/01/2021) menyampaikan, setiap tahun saat musim hujan Sungai Kuamang tercemar.

Dulunya pernah diinvestigasi oleh pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kampar, kata dia. Namun ketika itu dijanjikan menunggu hasil laboratorium.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Tambang Hendri Kampay menyampaikan, bahwa dulu hal serupa terjadi. Pihak perusahaan komplain dan membantah, kalau limbah itu bukan berasal dari perusahaannya.

“Kita minta pemerintah serius menangani karena menyangkut kehidupan ekosistem dan kelestarian lingkungan,” ujar Hendri.

Dikatakan, Sungai Kuamang ini dimanfaatkan oleh warga untuk mandi dan mencuci. “Jangan biarkan oknum pelaku seenaknya merusak ekosistem yang ada,” sebutnya.

Sementara, Camat Tambang Abukari mengatakan akan menindak tegas oknum pelaku jika terbukti melakukan pencemaran Sungai Kuamang.

“Jika terbukti pencemaran akibat pembuangan limbah dari salah satu perusahaan sawit, kita akan tindak tegas,” ucapnya.***auranews.co.id/ (Syailan Yusuf)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com