Memberikan Informasi Dengan Detil
Dinas Lingkungan Hidup
Balitbang

Pertamina Ingin Aturan Distribusi LPG 3 Kg Diubah

135
Dinas Lingkungan Hidup

JAKARTA, (detilnews.com) – PT. Pertamina Patra Niaga meminta pemerintah mengubah ketentuan yang terkandung dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 tahun 2007 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Penetapan Harga LPG Tabung 3 Kilogram.

Tujuannya agar ke depan Pertamina juga dapat menjadi distributor tunggal Dimethyl Ether (DME) sebagai subtitusi LPG. Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga PT Pertamina Patra Niaga Hasto Wibowo mengatakan permintaan disampaikan karena bila berdasarkan aturan tersebut, Pertamina hanya jadi distributor tunggal untuk LPG 3 kilogram saja yang merupakan Public Services Obligation (PSO).

“Perlu melakukan perluasan tidak hanya LPG, tapi juga mencakup DME sehingga Pertamina bisa menjadi single distributor untuk LPG PSO maupun DME PSO,” ucapnya dalam webinar yang digelar Dunia Energi, Selasa (9/3).

Hasto menuturkan Pertamina siap menjadi distributor tunggal DME lantaran infrastruktur yang dipakai hampir sama dengan LPG.

“Hanya saja memang membutuhkan modifikasi sedikit (pada tabung) karena ada komponen non logam seperti karet, shield itu harus yang dimodifikasi,” terjadi.

Di samping itu, kata Hasto, Pertamina juga telah membuat kajian rencana implementasi DME di masyarakat. Jika porsi penggunaan DME dan LPG di masyarakat masih 20 berbanding 80, maka distributor akan sulit dilakukan.

Pasalnya, area pemasaran akan lebih tersebar sehingga distribusi menjadi sulit dikontrol. Namun pemerintah tak perlu menyiapkan program penggantian kompor LPG ke kompor DME, melainkan hanya perlu memberikan regulator dan valve baru kepada pengguna DME.

Sebaliknya jika DME digunakan 100 persen sebagai pengganti LPG, kontrol terhadap distribusi lebih mudah dilakukan. Namun pemerintah perlu memberikan kompor baru kepada masyarakat sepaket dengan tabung gas DME.

“Sehingga untuk pengguna DME di kluster area yang kita tuju harus dibagi paket perdana lagi, karena kompor, selang dan regulatornya harus diganti. Tapi kan pemerintah sedang ada program kompor listrik maka sekalian lah dengan satu paket kompor DME,” pungkasnya.(red/cnn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com