Memberikan Informasi Dengan Detil
Dinas Lingkungan Hidup
Balitbang

Terapkan Protokol Kesehatan, Bupati Sukiman dan TP PKK Peni Herawati Salurkan BLT-DD Masyarakat

134
Dinas Lingkungan Hidup

Rohul (detilnews.com) – Pasca Idul Fitri 1441 Hijriyah, Rabu (27/5/2020) Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman bersama Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati, bersilaturahmi sekaligus serahkan simbolis Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Desa Rambah Samo Barat dan Sungai Salak, Kecamatan Rambah Samo.

Dengan tetap patuhi protokoler Kesehatan, dengan melakukan Physical Distancing dengan mengenakan masker, sekitar Pukul 9.00 WIB, Bupati Sukiman salurkan BLT-DD tahun 2020 kepada 105 keluarga penerima manfaat di Desa Rambah Samo Barat, Kecamatan Rambah Samo.

Saat penyaluran BLT-DD, Bupati Sukiman juga hadir Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Camat Rambah Samo H. Herokertus Sembiring S.Sos, Sekcam Rambah Samo Amri Ahmad, S.Sos, Kapolsek Rambah Samo Iptu Dedy Siswanto SH MM, Koramil 02/Rambah Kapten. Inf. Kamsir,

Juga hadir pendamping Dana Desa Kecamatan Hilman Sudi Lubis dan Pendamping Lokal Desa Insanul Anwar S.Ag, Kepala Desa Rambah Samo Barat Yarmanis Daulay, Kepala Desa Sungai Salak Hariyanto, Para Kaur dan Perangkat Desa. Kegiatan penyaluran BLT-DD ini juga turut di hadiri mahasiswi KKN dari Universitas Negeri Riau.

Bupati Rohul H. Sukiman mengatakan, BLT-DD sebagai bentuk upaya pemerintah guna membantu masyarakat di tingkat desa yang terdampak Covid-19. Bantuan diberikan bertujuan guna meringankan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi COVID 19.

Bupati Sukiman menambahkan, sesuai petunjuk teknis penerima BLT Dana Desa adalah warga kurang mampu yang merupakan warga non penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan warga yang kehilangan mata pencaharian akibat wabah Covid-19.

“Ini bukti Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Rohul peduli ke masyarakat. Melaui BLT-DD ini sebagai upaya kita dalam membantu masyarakat khususnya dari segi ekonomi akibat pandemi Covid-19,” ucap Bupati Sukiman

H.Sukiman juga mengatakan, besaran BLT-DD yang diserahkan ke setiap kepala keluarga (KK) sebesar Rp.600.000 per bulan dalam jangka waktu tiga bulan, yakni April, Mei dan Juni. Orang nomor satu di Negeri Seribu Suluk ini menyampaikan, dengan adanya BLT-DD ini untuk membantu warga masyarakat dalam suasana pandemi Covid-19.

“Dengan adanya BLT-DD, mudah-mudahan bisa meringankan beban masyarakat. Uang ini agar digunakan untuk kebutuhan bermanfaat, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti membeli sembako untuk keluarga,”harapnya.

Berhubungan masih dalam suasana Lebaran Idul Fitri 1441 H, Bupati H. Sukiman juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Usai serahkan BLT-DD di Desa Rambah Samo Barat, Bupati H. Sukiman melanjutkan Kunjungan Kerjanya ke Desa Sungai Salak dengan agenda sama.Di desa itu, Bupati Sukiman juga menyerahkan Bantuan BLT-DD kepada masyarakat Desa Sungai Salak.

Kepala Desa Sungai Salak Hariyanto Rabu (27/5/2020) menjelaskan, BLT-DD tersebut dianggarkan dari Dana Desa Tahap 1 sebagai salah satu kebijakan untuk meringankan beban warga kurang mampu saat menghadapi situasi wabah Virus Corona atau Covid-19.

“Pada hari ini kami Pemerintahan Desa Sungai Salak sudah merealisasikan BLT-DD yang diserahkan langsung oleh Bupati H. Sukiman untuk 91 KK. Dana Desa tahap 1 Desa Sungai Salak ini dalokasikan salah satunya BLT-DD sebesar Rp 600 ribu per bulan untuk dibagikan ke 91 warga,” ucap Hariyanto

Tambah Hariyanto, penyaluran BLT-DD untuk tiga bulan April, Mei dan Juni, jika memang diperpanjang sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI Nomor 50/PMK.07/2020 tentang Perubahan Kedua atas 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa, sebesar Rp 300.000 untuk tiga bulan kedepan, Ia akan melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan Perbup Bupati Rohul.

Hariyanto menilai penyaluran BLT-DD ini sangat tepat sasaran di saat pandemi COVID-19 yang saat ini menganggu terutama disektor Ekonomi. Ia berharap agar bantuan BLT-DD ini di belanjakan dan di gunakan masyarakat untuk keperluan dan kebutuhan sehari-hari dan tidak diutamakan kebutuhan yang sipatnya tidak mendadak.

“Berharap pembagian BLT-DD ini bisa dimanfaatkan bagi masyarakat yang mendapatkan, minimal bisa membantu meringankan beban mereka di saat Pandemi sekarang ini,” katanya.”***(Hsb).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com